Jelaskan tahap-tahap siklus air.

Jelaskan tahap-tahap siklus air.

Jawab :

Tahap-tahap siklus air dimulai dari penguapan air yang ada di perairan seperti danau dan laut (evaporasi) dan di tanaman (transpirasi), diikuti dengan pergerakan uap air (adveksi) pembentukan awan (kondensasi), turunnya hujan dari awan (presipitasi) dan kemudian masuknya air ke dalam tanah (infiltrasi). Air dalam tanah kemudian keluar menjadi air permukaan atau diserap tanaman dan memulai siklus air ini kembali.

Pembahasan:

Air adalah salah satu komponen abiotik dalam ekosistem. Salah satu daur penting dalam ekosistem yang melibatkan air disebut dengan Siklus Air. Dalam siklus atau daur ini terjadi beberapa proses yaitu:

  1. Evaporasi, adalah penguapan yang terjadi pada permukaan perairan, seperti pada permukaan laut, danau dan sungai. Uap air yang dihsilkan akan bergerak ke atmosfer bagian atas membentuk awan.
  2. Transpirasi, adalah hilangnya uap air dari tanaman. Air yang diserap oleh akan tanaman akan naik ke daun, dimana sebagian digunakan untuk fotosintesis, dan sisanya akan keluar dari tanaman. Pada kondisi kering, untuk mengurangi transpirasi ini, tanaman akan menggugurkan daunnya.
  3. Adveksi adalah proses pergerakan uap air secara horizontal yang berupa awan yang bergerak ketika ditiup angin.
  4. Kondensasi, adalah terbentuknya titi-titik air melalui pengembunan dari uap air di awan. Titik-titik air ini kemudian akan turun dalam bentuk hujan.
  5. Presipitasi, atau hujan, adalah turunnya titik-titik air yang mengembun di awan.
  6. Infiltrasi, yaitu masuknya air hujan ke dalam pori-pori tanah. Air tanah ini daat dimanfaatkan oleh tanaman, atau menjadi sumber mata air, yang menghasilkan sungai-sungai

Dijawab Oleh : Kunjaw

BACA JUGA :  Siapakah Nama Tokoh Belanda Yang Menerapkan Sistem Tanam Paksa?

Leave a Comment