Puasa rajab minimal brapa hari,dan pada tanggal jatuh bulan rajab

Puasa rajab minimal brapa hari,dan pada tanggal jatuh bulan rajab

Jawab :

Melaksanakan puasa rajab disunnahkan selama 10 hari dimulai dari tanggal 1 dibulan rajab. Tetapi jika tidak sanggup, dibolehkan puasa tanggal 1 dan 10 rajab atau tanggal 1 rajab saja.

Pembahasan

Tanggal 1 rajab jatuh di hari Kamis, 3 Februari 2022. Banyak keutamaan dan anjuran berpuasa rajab. Keutamaan puasa rajab sebagaimana diriwayatkan dalam hadis, bahwa Rasulullah Saw menyebut puasa di bulan-bulan mulia sebagai puasa yang paling utama setelah puasa ramadan.

Berikut ini adalah dalil tentang puasa rajab riwayat Imam Thabarani meriwayatkan dari Sa’id bin Rasyid:

“Barangsiapa berpuasa sehari di bulan rajab, maka ia laksana berpuasa setahun. Bila puasa 7 hari, maka tertutuplah untuknya pintu-pintu neraka jahanam, bila puasa 8 hari, maka dibukakan untuknya 8 pintu surga, dan bila puasa 10 hari, maka Allah akan mengabulkan semua permintaannya.”

Kesunnahan puasa rajab juga dapat dilihat dari dalil-dalil umum mengenai dianjurkannya berpuasa pada empat bulan haram. Disebutkan dalam shahih Muslim, (hadits no. 1960):

عن عُثْمَانَ بْنِ حَكِيمٍ الْأَنْصَارِيِّ قَالَ سَأَلْتُ سَعِيدَ بْنَ جُبَيْرٍ عَنْ صَوْمِ رَجَبٍ وَنَحْنُ يَوْمَئِذٍ فِي رَجَبٍ فَقَالَ سَمِعْتُ ابْنَ عَبَّاسٍ رَضِيَ اللهُ عَنْهُمَا يَقُولُ كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَصُومُ حَتَّى نَقُولَ لَا يُفْطِرُ وَيُفْطِرُ حَتَّى نَقُولَ لَا يَصُومُ “

Dari Utsman bin Hakim Al-Anshari bahwa ia berkata: Saya bertanya kepada sahabat Sa’id bin Jubair mengenai puasa Rajab, dan saat itu kami berada di bulan Rajab. Maka ia pun menjawab: Saya telah mendengar Ibnu Abbas ra berkata: Dulu Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam pernah berpuasa hingga kami berkata bahwa beliau tidak akan berbuka. Dan beliau juga pernah berbuka hingga kami berkata bahwa beliau tidak akan puasa.”

BACA JUGA :  Jika Terjadi Pindah Bola Dalam Voli, Maka Pemain Akan Bergeser Ke Arah?

Niat puasa rajab ialah:

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ فِى شَهْرِ رَجَبِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

Artinya: Aku berniat puasa sunah rajab esok hari karena Allah SWT.”

Dijawab Oleh : Kunjaw

Leave a Comment